Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan mengadakan “Seminar Pendidikan Penguatan Metode Steam Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Coding dan Robotik Untuk Anak Usia Dini”

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan mengadakan “Seminar Pendidikan Penguatan Metode Steam Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Coding dan Robotik Untuk Anak Usia Dini”. Senin (10/07/2023)

 

Peserta Seminar ini yaitu 70 Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak sewilayah Kota Probolinggo. Kegiatan ini terselenggara sebagai tugas akhir untuk mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kegiatan ini berkolaborasi kerja sama antara Prodi PIAUD Universitas Islam Zainul Hasan dengan IGTKI-PGRI Probolinggo dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Narasumber Coding dan Robotik ini mengundang lulusan singapura yang bernama Gamma Kristian Adikurnia. B. Sc pemenang pemuda kreatif inovasi Jawa Timur Tahun 2022.

 

Penguatan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam implementasi Kurikulum Merdeka melalui coding dan robotik dapat memberikan sejumlah Maksud, Manfaat dan Tujuan bagi anak-anak usia dini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

Peningkatan pemahaman konsep: Melalui pendekatan STEAM, anak-anak dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang konsep sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Mereka dapat belajar dengan cara yang praktis dan terlibat dalam kegiatan eksplorasi yang melibatkan coding dan robotik, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep tersebut.

 

Pengembangan keterampilan pemecahan masalah: Coding dan robotik melibatkan pemecahan masalah secara aktif, yang melatih anak-anak untuk berpikir kritis dan kreatif. Mereka belajar untuk mengidentifikasi masalah, merancang solusi, dan melaksanakan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Keterampilan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan persiapan untuk masa depan yang penuh teknologi.

 

Pemberdayaan kreativitas: Coding dan robotik memberikan anak-anak ruang untuk mengembangkan kreativitas mereka. Mereka dapat merancang dan membuat program atau robot sesuai dengan imajinasi dan ide mereka sendiri. Ini memperkuat rasa percaya diri dan memberikan kesempatan untuk mengekspresikan ide-ide baru dengan cara yang inovatif.

 

 

Pengenalan pada profesi masa depan: Pengenalan coding dan robotik pada anak-anak di usia dini dapat membuka pintu bagi minat mereka dalam bidang ilmu komputer, teknik, atau bidang STEM lainnya. Ini dapat merangsang minat mereka dalam mempelajari lebih lanjut tentang karier masa depan yang melibatkan teknologi, membantu mereka mempersiapkan diri untuk pekerjaan di era digital.

 

Jadi, penguatan metode STEAM melalui coding dan robotik dalam implementasi Kurikulum Merdeka memberikan manfaat berupa pemahaman konsep yang lebih baik, pengembangan keterampilan pemecahan masalah, peningkatan keterampilan kolaborasi, pemberdayaan kreativitas, persiapan untuk era digital, dan pengenalan pada profesi masa depan.

 

Tidak harus menggunakan barang-barang yang mahal untuk membuat robotik, bisa juga menggunakan bahan yang sering digunakan oleh anak usia dini yang ada disekitar, itu bisa di ubah menjadi barang yang canggih sesuai dengan imajinasi anak. Dengan adanya pembelajaran ini, jadi anak bisa tau bisa mengenal hal-hal yang canggih di era saat ini, bisa mengerti, bisa memahami bahwasanya tidak semua permainan itu membawa dampak negatif akan tetapi ada dampak positifnya, yang akan mengerti, mengawasi, lebih memahami itu orang tuanya.

You may also like...

Leave a Reply