INZAH Genggong

Profil PIAUD


Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adalah salah satu program studi di Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Kraksaan Probolinggo yang merupakan usaha pengembangan Fakultas Tarbiyah, dilakukan dengan berupaya mendapatkan status melalui pengajuan surat permohonan kepada Menteri Agama melalui Ditbinpertais dengan surat Rektor Nomor : 016/R/GG/II/71, tanggal 23 Januari 1971. Terhitung sejak tanggal 1 Pebruari 1971, kedudukan Fakultas Tarbiyah menjadi status terdaftar. Beberapa bulan kemudian dilayangkan surat permohonan Rektor Universitas Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo Nomor: 051/R/GG/IV/71 bertepatan dengan tanggal 14 April 1971, dan pada tanggal 25 Juni 1971 Fakultas Tarbiyah Islamiyah Zainul Hasan sebagai Perguruan Tinggi Agama mendapatkan status ”diakui” sesuai pasal 7 Peraturan Menteri Agama Nomor 2 tahun 1964, sehingga ijazah Bakaloreat (Sarjana Muda Lengkap) yang dikeluarkan oleh Fakultas Tarbiyah IAIN Al-Jami’ah, dapat diakui dengan mentaati ketentuan yang telah dikeluarkan oleh Departemen Agama Republik Indonesia.

Pada tahun 1988, Fakultas Tarbiyah Islamiyah Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo dirubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo dengan status ”terdaftar” berdasarkan SK Menteri Agama Nomor 58 Tahun 1995, tertanggal 11 Maret 1989. Selanjutnya pada tahun 1997, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Zainul Hasan berubah menjadi Sekolah Tinggi  Agama Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo dengan program sarjana S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) status ”diakui” berdasarkan SK Menteri Agama RI, nomor : 420 tahun 1995, tertanggal 30 Agustus 1995.

Pada perjalanan berikutnya STAI Zainul Hasan Genggong Kraksaan  berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomer 1956 tanggal 02 April tahun 2014, berubah menjadi Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) Genggong Kraksaan Probolinggo, sehubungan dengan perubahan tersebut maka keberadaan INZAH harus mengembangkan pendidikan menjadi beberapa fakultas sesuai bidang keilmuannya. Dengan latar belakang tersebut, maka berdirilah program studi PIAUD yang sekaligus sebuah kebutuhan masyarakat  terutama daerah Probolinggo.

Pengelolaan dan pengembangan Program Studi PIAUD mengacu pada visi dan misi yang ditetapkan dan diselaraskan dengan visi dan misi Institut Ilmu Keislaman  Zainul Hasan. Untuk mencapai tujuan ini telah dilakukan berbagai upaya dengan dukungan sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang memadai, tata pamong dengan mekanisme kerja dan deskripsi tugas yang jelas sesuai dengan struktur organisasi Program Studi.